Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Rumah Belajar

Apa itu Flipped Classroom?

Flipped Classroom adalah model pembelajaran dimana guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk aktif mempelajari terlebih dahulu materi yang akan disampaikan melalui media digital (seperti video pembelajaran yang dibuat oleh guru berupa materi yang akan disampaikan kepada peserta didik). Dalam Flipped Classroom ini juga diberikan beberapa instruksi tugas sebagai bahan diskusi ketika kegiatan di dalam kelas ataupun di kelas maya secara virtual dikarenakan pada masa pandemi covid 19 ini.

Model pembelajaran pada Flipped Classroom ini mengkombinasikan antara pembelajaran di dalam kelas dengan pembelajaran di luar kelas dengan tujuan untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran. Aktivitas belajar yang biasanya dilakukan di kelas menjadi aktivitas yang dilakukan di rumah. Sebaliknya, aktivitas yang biasanya di lakukan di rumah menjadi dilakukan  di kelas. Guru sebagai fasilitator mengemas materi pembelajaran dalam bentuk digital berupa video untuk dipelajari siswa dirumah sehingga siswa sudah lebih siap belajar ketika di kelas.

Pada saat pandemi covid 19 ini, dimana proses pembelajaran beralih secara daring. Model pembelajaran Flipped Classroom ini merupakan salah satu model yang aku lakukan untuk siswaku. Pada tahap pertama, siswa mempelajari materi berupa video pembelajaran yang aku buat berdasarkan sumber belajar yang ada di Portal Rumah Belajar. Lalu siswa mengamati dan mempelajari petunjuk yang diberikan oleh guru, kemudian siswa menyiapkan pertanyaan tentang materi yang belum dipahami. Aktivitas di kelas untuk Pembelajaran Jarak Jauh ini, aku menggunakan virtual meeting pada saat pembelajaran yang aku ampuh untuk memjelaskan pertanyaan yang diberikan oleh siswa.






Untuk lebih lengkapnya mengenai model pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Rumah Belajar dapat dilihat pada Channel YouTube aku ya dibawah ini:


Terima Kasih Sahabat sudah berkunjung di laman Blog aku ya.
#merdekabelajar
#rumahbelajar
#guruberbagi
#gurupenggerak


Komentar

  1. Gagasan yg menarik utk dipelajari
    Kunjungi: halobelajarsesuatu.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Ilmu yang sangat bermanfaat bagi para guru

    Keren

    BalasHapus
  3. keren...mau coba nih model pembelajaran ini ...

    BalasHapus

Posting Komentar