Bagaimana Seorang Pendiri Sokola Rimba_Kakak Butet Manurung_Belajar Dalam Mengajar

 


Hai, Sahabat, kembali bertemu dengan tulisan saya untuk sesi kedua pada hari selasa 15 September 2020, yang sangat menarik bersama Kakak Butet Manurung. Siapa dia sahabat? Beliau adalah seorang aktivis pendidikan dan beliau juga pendiri Sokola Rimba. Kakak Butet ini sahabat sangat hebat sekali dalam memotivasi siswa

Belajar dalam mengajar bersama Kakak Butet ini, bahwa beliau dalam pembelajaran memilih metode yang dapat menyesuaikan pendidik di masa dan berdampak sekarang. Tanamkan terlebih dahulu bahwa siswa kita mampu dan berikan motivasi terhadap siswa kita dalam pembelajaran. 

Pembelajaran juga harus dikaitkan pada kehidupan sehari-hari. Misalkan Kakak Butet memberi contoh langsung pada anak-anak rimba lalu anak-anak rimba tersebut dapat langsung mempraktekkannya. 


Pengalaman mengajar haruslah disesuaikan dengan kondisi siswa kita. Kakak Butet lebih menekankan pada contoh yang real dihadap sekarang. Misalkan bagaimana anak-anak rimba belajar sesuai dengan kondisi yang mereka hadapi. Anak-anak rimba belajar membaca agar tidak ditipu oleh orang yang akan mengambil lahan mereka dengan menempelkan cap jempol mereka, karena saat itu anak rimba belum bisa membaca. Keinginan kuat mereka untuk belajar membaca merupakan pengalaman nyata bagi mereka untuk lebih berhati-hati kepada seseorang yang akn menipu mereka melalui cap jempol jari mereka di sehelai kertas.

Sahabat, melihat contoh itu, terbesit pada saya, bahwa belajar dalam mengajar haruslah sesuai dengan kondisi siswa bukannya kondisi dari pendidik. Dengan demikia, siswa akan merasa terjun langsung pada praktiknya.

Sahabat untuk menyimak lebih lengkap pemaparan dari Kakak Butet Manurung yang super hebat pengalamannya dapat dilihat Youtube Channel di bawah ini:


Sahabat, akhir kata terima kasih telah membaca dan silahkan isi kolom komentarnya ya. 

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#merdekabelajar#nadiemmakarim

# pembaTIK 2020#merdekabelajar

#tributtohendriwidiatmoko

#guruberbagi#gurupenggerak


Komentar