Kunci Tulisan Menarik Bersama Mbak Asma Nadia

Hai, Sahabat, ketemu kembali dengan tulisan aku ya. Senang berbagi tulisan mengenai kuliah umum pembaTIK level 4. So, pasti dengan nara sumber yg keren bingit and menginspirasi. 

Sahabat, kali aku ingin bercerita tentang sosoak penulis terkenal yang karyanya mencapi 60 Novel...wow keren ya sahabat. Siapa sich yang tidak kenal dengan penulis satu ini? Kalau sahabat ingat sinetron Emak Ingin Naik Haji, yang sinetronnya sangat terkenal...Pasti ingat ya sahabat. So, karya tersebut merupakan salah satu karya Mbak Asma Nadia. 

Nah, sahabat, mari kita belajar dengan Mbak Asma Nadia tentang bagaimana kunci tulisan menarik bagi pembaca...


Profesi penulis merupakan profesi yang sangat mulia dalam berkarya. Kenapa? Seorang penulis tidak melihat fisik seseorang. Ide cerita yang menarik merupakan ide yang sangat mengena untuk menarik pembaca untuk membaca hasil tulisan kita.

Semua orang mempunyai peluang untuk menulis. Mbak Asma Nadia, mengatakan "Perlukah bakat untuk menulis?...Ternyata, sahabat, dari 5 % itu merupakan keberuntungan, 5 % bakat dan 90 % kerja keras. Mendengar itu, aku langsung terkesima sahabat, Mengapa? Karena pada dasarnya kita itu mampu untuk menulis, yakinkan bahwa kita bisa dan hasil kerja keras kita bisa kita lihat pada tulisan kita jika orang yang membaca. Apalagi sahabat, jika tulisan kita yang telah terbit dimuat di majalah, buku ataupun koran, yang kemudian dipajang di gramedia ataupun toko. Duh, serasa gimana ya sahabat. Dengan tulisan, orang akan mengenal kita, pokoknya keren deh sahabat.


Pertanyaan bagi ku sahabat? Bagaimana untuk memulai suatu tulisan? Jawabnya sahabat, mulailah dari pengalaman untuk mencurahkan isi dan ide kita pada sebuah tulisan. Mbak Asma Nadia juga berpendapat bahwa tulisan menjadikan investasi akhirat, ikhlas dalam menulis, ingat bahwa pengalaman itu adalah kekayaan untuk sebagai acuan ide dalam menulis.


Sahabat balik ke topik kita, bagaimana nich kunci tulisan menarik bersama Mbak Asma Nadia. Ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu;
1. Ide ; baru dan dekat dengan pembaca
2. Tehnik penyajian;
    - judul yang menarik
    - konflik yang kuat
    - setting
    - penokohan menarik
    - ending yang berkesan

Sahabat, demikian ya tulisan aku mengenai topik yang luar biasa keren dan Mbak Asma Nadia sangat menginspirasi sekali bagi kita untuk menulis, mulailah dari sekarang untuk menulis, Ingat hasil kerja keras dan ikhlas akan membawa nikmat nantinya. 

Sahabat, untuk penjelasan lengkap bisa disimak YouTube Channel berikut ya:


Sahabat, akhir kata terima kasih telah membaca dan silahkan isi kolom komentarnya ya. 

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#merdekabelajar#nadiemmakarim

# pembaTIK 2020#merdekabelajar

#tributtohendriwidiatmoko

#guruberbagi#gurupenggerak












Komentar