Merdeka Belajar PembaTIK 2020

Hallo, Sahabat, lama tak jumpa di blog ini ya? Berharap yang membaca blog ini sehat semua, so pasti dalam tulisan ini, saya tertantang kembali rutin menulis blog, yang lama tak terlihat karena rutinitas sehari-hari he he, tapi harus semangat kembali menulis dan berkarya serta berkreativitas. Semoga terwujud ya teman-teman. Mohon dukungannya. Alhamdulilah bersyukur bisa bergabung di pembaTIK, tidak terasa mulai dari level per level diikuti, dan sekarang sampai ke level 4, level berbagi.

Sahabat, dalam masa pandemi covid 19 ini, kita banyak belajar dari hal yang kita tidak tahu akan menjadi sangat bermanfaat bagi anak didik kita. Menjadi cikgu di era pandemi ini, menuntut kita terus berkreativitas agar materi yang akan kita berikan dapat dicerna oleh siswa kita. Nah bagaimana nih? Awalnya bingung, tetapi karena masa pandemi ini cikgu WFH (Work Form Home), membuat saya mempunyai luang untuk belajar lagi dan lagi. Mulai dari mengikuti webinar yang gratis he he dan pastinya mengikuti program pembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). 

Apa itu pembaTIK, sahabat?

PembaTIK adalah pelatihan yang berfokus pada peningkatan kompetensi TIK guru-guru yang ada di Indonesia. Pertama mendaftar, pastinya hati dag-dig-dug ibarat pertama kali ketemu orang yang kita idolakan he he. Baca bismillah dan diberikan dukungan keluarga dari Ibu tercinta, suami dan anak tercinta, melewati tahap pertahap dari pembaTIK.

Uniknya pada pelatihan ini, sistem yang digunakan adalah pelatihan bertahap dan menggunakan sistem gugur. Otomatis, saya harus belajar nih sahabat, agar bisa lanjut ke tahap demi tahap. Pelatihan dimulai dengan level 1 yaitu level literasi, level 2 level implementasi, level 3 level kreasi dan level 4 level berbagi. Saya bangga sekali sahabat, saya bisa sampai ke level 4 ini, semoga hasil kerja keras saya bisa terwujud. Doakan ya sahabat, Amiin.

Sahabat, hari yang ditunggu untuk pembukaan level 4, tiba yaitu tanggal 14 September 2020 dan yang membuat saya senang sekali, karena dibuka oleh Mas Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Mas Nadiem Anwar Makarim. Dalam pembukaan mas menteri kita mengatakan bahwa guru-guru dilevel 4 ini mampu mewujudkan merdeka belajar dan merupakan cikal dari guru-guru penggerak dengan inisiatif dan semangat tinggi untuk terus berpacu dengan tuntutan zaman. Wah, mendengar itu, saya merasa senang sekali sahabat, semoga apa yang kita lakukan dapat berguna bagi peserta didik kita. Sesuai dengan slogan rumah belajar, "Belajar di Mana Saja, Kapan Saja dan Dengan Siapa Saja" 


Sahabat, Mas Nadiem juga berharap, para guru yang nantinya terpilih sebagai Duta Rumah Belajar (DRB) 2020 dapat memanfaatkan fasilitas pembelajaran yang dimiliki Kemdikbud. Oh iya sahabat, saya adalah salah satu perwakilan pembaTIK dari Provinsi Bengkulu, dimana di level 4 berbagi ini
setiap provinsi terdiri dari 30 peserta. sahabat, saya termasuk dalam peserta tersebut. Alhamdulilah dab bersyukur sekali sahabat karena bisa bertatap muka secara online dengan sahabat se_Indonesia. Oh, iya, ketiga puluh guru ini diberi nama Sahabat Rumah Belajar (SRB) 2020. Dimana kegiatan ini berlangsung selama bulan September - Oktober 2020. Mudah-mudahan dapat memberikan yang terbaik ya sahabat, Aamin. 

Sahabat, jika ingin menyimak pembahasan selengkapnya, silahkan kunjungi YouTube Channel Rumah Belajar Kemdikbud. Silahkan klik video di bawah ini ya, ngomong-ngomong, ada aku sahabat di sana he he...



Sahabat, akhir kata, selamat kembali lihat di blog ini ya dan mari kita bersama-sama belajar untuk mencerdaskan anak bangsa. 

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.
#merdekabelajar#nadiemmakarim
#pembaTIK2020#merdekabelajar
#tributetohendriwidiatmoko#guruberbagi
#gurupenggerak

Komentar