Pentingnya Kemampuan Komunikasi Bagi Pendidik

Hallo, Sahabat, dalam kuliah umum PembaTIK level 4 yang diselenggarakan oleh Kemdikbud RI, ada 6 sesi yang akan dibahas dengan pembicara yang sangat super keren dan menginspirasi. Kali ini saya akan berbagi pada sahabat semua untuk materi pada sesi 1, yaitu pada tanggal 15 September 2020 yaitu pada hari selasa. meliputi tiga sesi kuliah umum, Sahabat, mulai dari pukul 09.00 sd 14.00. Untuk sesi 1 dari jam 09.00 - 10.30, sesi 2 jam 10.30 - 12.00, dan sesi 3 dari jam 13.00 - 14.00 dengan nara sumber yang sangat keren habis dan memotivasi saya untuk terus berkarya dan berinivasi serta berkreativitas. 

Sahabat, kali ini saya akan berbagi untuk sesi 1 ya..dengan materi yang sangat menarik "Kiat Sukses Bagi Para Pendidik Untuk Berkomunikasi". Sahabat tahu nggak siapa nara sumbernya...Saat pembawa acara mengatakan bahwa sesi ini akan diberikan seorang yang sangat terkenal dalam berkomunikasi, dia adalah seorang artis yang pintar dan ganteng juga loh...Siapa dia Sahabat. Dia adalah seorang presenter televisi dan radio, beliau juga seorang konsultan PR. Beliau adalah Charles Bonar Sirait.


Dalam paparannya, abang charles ini menceritakan pengalaman pribadinya tentang bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan baik dan efektif sehingga lawan pembicara kita akan merasa enak dan menyambung saat kita berkomunikasi. Mulai dari penampilan harus diperhatikan dalam berkomunikasi. 

Sahabat, ada kalimat yang dibicarakan abang Charles saat itu " If you don't believe in the messager (leader), You don't believe the message" Lalu bagaimana caranya kita berkomunikasi Sahabat?


Ada empat hal yang penting dalam berkomunikasi yang disampaikan oleh abang Charles, yaitu;
1. Memahami Pola Komunikasi Sedehana
2. Impactful Communication
3. Persuasive Communication
4. Personal Branding

Sahabat, keempat diatas, intinya bahwa seorang pendidik harus mampu berkomunikasi dengan baik, karena komunikasi adalah suatu pesan yang akan disampaikan. Bagaimana pesan itu agar cepat tersampaikan sahabat? Jawabnya...Kita sebagai pendidik harus benar-benar memberikan isi komunikasi itu sendiri dengan mudah dicerna oleh peserta didik kita. Buatlah sederhana mungkin yang bisa dimengerti oleh peserta didik



Melihat pemaparan yang sangat menginspirasi saya, membuat saya harus berlatih terus sahabat, khususnya dalam berkomunikasi. Abang Charles mengatakan mulailah membiasakan diri dalam berlatih untuk berkomunikasi, karena semakin sering berlatih semakin menambah rasa percaya diri kita dalam berkomunikasi.

Sahabat, bisa kunjungi YouTube Channel Rumah Belajar Kemdikbud ya untuk melihat secara langsung bagaimana kerennya abang Charles berkomunikasi dalam memberikan materi. 

Sahabat, akhir kata terima kasih telah membaca dan silahkan isi kolom komentarnya ya. 

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#merdekabelajar#nadiemmakarim

# pembaTIK 2020#merdekabelajar

#tributtohendriwidiatmoko

#guruberbagi#gurupenggerak


Komentar