Hallo, sahabat, masih bersama saya dalam berbagi sesi ketiga ya pada kuliah umum pembaTIK level 4. Kali ini sahabat dengan topik yang luar biasa sekali, yaitu Kebijakan Pendidikan Terkait Guru dan Tenaga Kependidikan Oleh Bp. Dr.Iwan Syahril, Ph.D.



Peran guru sangatlah penting jika seorang guru mempunyai high quality maka akan mempengaruhi kualitas dalam pembelajaran. Jika dikaitkan dengan Tut Wuri Handayani, guru adalah sebagai motivator untuk siswa.

Sahabat, hal yang menarik saat pembukaan pemaparan oleh Bp. Iwan, mengatakan"seorang anak lahir itu bagai kertas kososng atau kertas dengan coretan yang samar?"


Nah berdasarkan pertanyaan diatas, kita dihadapkan dua pilihan yang sama-sama membingungkan...
Karena pada dasarnya statement tersebut hampir sama untuk nilai artinya. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, Bp Iwan mengkaitkannya dengan Ki Hadjar Dewantara. Mengapa sahabat? Karena pendidikan itu mengacu pada merdeka belajar. Merdeka dalam artinya setiap siswa mampu berkreativitas dan berinovasi sesuai dengan karakter mereka masing-masing. Guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran. Dalam merdeka belajar, ada 3 hal yang penting diutarakan oleh Bp. Iwan, yaitu;
1. Memandang anak dengan rasa hormat
2. Mendidik secara holistik
3. Mendidik secara relevan/kontekstual


Ketiga hal tersebut sangat menarik bagi kita sebagai pendidik. Guru harus berkomunikasi dengan peserta didik agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

So, sahabat, kesimpulan materi pada sesi 1, 2 dan 3 yang saya jelaskan di blog ini, mempunyai kaitan satu sama lain yang dapat menunjang proses pembelajaran pada peserta didik kita, Ayo sahabat, kita terus berkarya, berinovasi dan berkreativitas agar peserta didik meras senang dengan kita sebagai gurunya.

Sahabat untuk menyimak lebih lanjut, bisa di YouTube Channel Rumah Belajar Kemdikbud.


 

Sahabat, akhir kata terima kasih telah membaca dan silahkan isi kolom komentarnya ya. 

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#merdekabelajar#nadiemmakarim

# pembaTIK 2020#merdekabelajar

#tributtohendriwidiatmoko

#guruberbagi#gurupenggerak



Komentar