Sosialisasi Rumah Belajar Dengan Panitia SPMI_Sosialisasi Ke-1

 Sahabat, apa ya kaitannya Rumah Belajar dengan SPMI! Yok, simak tulisan di blogku ini ya...

SPMI adalah sistem penjaminan mutu yang berjalan di dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen dalan satuan pendidikan yang mencakup seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya untuk mencapai SNP. SPMI ini melibatkan semua warga sekolah dari kepala sekolah, guru, TU, komite sekolah dan stake holder sekolah lain. Keseluruhan komponen tersebut bersama-sama memikirkan dan melaksanakan proses penjaminan mutu supaya bisa terlaksana dengan maksimal. Nah, sahabat, aku termasuk salah satu tim SPMI yang mendapatkan jabatan dari kepala sekolah sebagai ketua divisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dalam pembelajaran Jarak jauh, sekolah kami SMP Negeri 15 Kota Bengkulu, pada masa pandemi covid 19 ini, telah mengadakan rapat dengan stake holder yang ada disekolah bagaimana program-program yang dilakukan selama PJJ. Bermula dari grup forum WhatsAPP wali kelas dan guru mata pelajaran, penyampaian materi menggunakan google classroom dan aplikasi zoom.

Pada saat pemberian materi sahabat, saya dan teman sejawat guru menggunakan konten pembelajaran berupa YouTube channel guru itu sendiri dalam membuat suatu konten video pembelajaran. Karena saya telah mengikuti pelatihan PembaTIK, saya memberikan sosialisasi untuk menggunakan portal Rumah Belajar sebagai sumber belajar yang dapat diakses semua guru secara gratis.

Kembali ke judul sahabat, Mengapa saya mensosialisasikan dengan panitia SPMI terlebih dahulu? Karena tim panitia SPMI yang telah dibentuk oleh Kepala Sekolah dan para wakil kepala sekolah telah mewakili beberapa guru per mata pelajaran untuk menata sekolah menjadi sekolah yang bermutu dan mencapai standar nasional pendidikan (SNP).

Sebelum mensosialisasikan dengan panitia tim SPMI, saya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kepala Sekolah Bp. Herman Bustami, S. Pd, menyampaikan manfaat Rumah Belajar sebagai sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh semua guru. Sambutan Kepala Sekolah sangat antusias karena saya bisa berbagi ilmu pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki untuk ditularkan kepada teman sejawat.



Sosialisasi Rumah Belajar Dengan Tim SPMI ( Jumat, 25 September 2020)

Dalam SPMI, ada program yang terkait dalam Pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk meningkatkan proses pembelajaran yang ada di SMPN 15 Kota Bengkulu, maka dilakukan beberapa program yaitu membuat konten pembelajaran yang menarik dan kreatif buat siswa. Untuk mendapatkan sumber belajar selain yang ada di buku sumber, saya juga menggunakan sumber belajar yang ada di Sumber Belajar pada Portal Rumah Belajar. Saya menggunakan Portal Rumah Belajar pada saat pembelajaran yang saya ampuh, yaitu Bahasa Inggris. Saya menggunakan Laboratorium Komputer untuk mengakses sumber belajar. Melihat yang saya kerjakan, saya mulai mensosialisasikannya kepada teman sejawat. Pada saat monev SPMI, saya termasuk tim panitia SPMI. Lalu saat dimonev oleh Diknas Kota Bengkulu, saya juga mensosialisasikan Portal Rumah Belajar kepada Pengawas Pembina, Bp. Supriatno, S.Pd, Pengawas Diknas Ibu Rahmayani, M.Pd dan Bp. Drs.Hanif, M.Pd. Mereka sangat antusias dan akan mendukung saya untuk mensosialisasikan Portal Rumah Belajar ini kepada semua teman guru yang ada di Bengkulu.



Foto-foto Saat Sosialisasi Rumah Belajar

                                                Pengawas Pembina Bp. Supriantno, S.Pd

                                                   Pengawas Diknas Ibu Rahmayani, M.Pd


                                                 Pengawas Diknas Bp. Hanif, M.Pd

       

Menjelaskan fitur-fitur yang ada di Rumah Belajar




Sekian Sahabat tulisan ini, senang sekali dengan tim panitia SPMI ini, semoga sosialisasi Portal Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh teman sejawat untuk mensosialisasikan kembali mengenai Portal Rumah Belajar, Belajar di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

#merdekabelajar
#rumahbelajar
#pembaTIKlevel42020
#gurupenggerak
#guruberbagi

Komentar