Yuk, Belajar Pemanfaatan Media Video Conference Untuk Berbagi

 


Hallo, sahabat, tulisan ini adalah dengan topik yang pastinya keren dengan nara sumber yang luar biasa dalam menginspirasi sahabat. Dia adalah Bp. Prof Richardus Eko Indrajit. Pertanyaan awal dari Prof, Mengapa kita menggunakan video conference? 


Jawabnya sahabat...Cepat, mudah dan murah, sangat tepat pada situasi dan kondisi pandemi covid 19 ini dan masif dan viral secara efektif.

Tapi dalam berbagi menggunakan video konference, ada beberapa permasalahan yang dihadapi sahabat, yaitu; waktu terbatas, tidak bertemu secara fisik tetapi hanya melalui virtual, infastruktur dan piranti seluruh partisispasi beragam dengan kemampuan serta kehandalan/ kinerja berbeda, dan yang terakhir banyak hal yang sulit diperagakanketika menggunakan mode komunikasi terbatas.


Sahabat, tujuan berkomunikasi adalah bukan sekedar menyampaikan pesan tetapi membuat orang lain melakukan yang diinginkan. Berbagilah untuk dikenang sahabat. Dalam masa pandemi covid 19 ini, kita sebagai pendidik harus terus berinovasi dan berkreasi untuk pembelajaran peserta didik kita. Ada hal pertanyaan yang sangat menarik oleh saya sahabat, yaitu, bagaimana kita membangun suatu media video conference bagi peserta didik kita agar tidak bosan? Karena setiap orang hanya fokus dalam 30 menit saja dalam suati video conference? Nah, bagaimana kita untuk mensiasatinya sahabat?
Prof memberikan solusi yang terbaik adalah bagaimana kita memancing peserta didik kita agar tidak bosan melalui mengajak berinteraksi dengan peserta didik saat video conference yaitu dengan cara saat pengambilan foto, ajak peserta didik untuk menyembunyikan wajah mereka setengah. Ini merupakan salah satu trik yang sangat kreatif sahabat, disamping itu juga saat video conference wajah peserta didik harus ditampilkan juga, agar kita bisa memanggil peserta didik kita satu persatu.

Dalam kuliah umum dengan Prof ini yang paling saya cermati secara dalam, beliau berkata mari kita sebagai pendidk, tidak henti untuk tetap semangat berkreativitas dan berinovasi. Karena itu adalah kuncinya saat kita mendidik peserta didik kita. Dengan gaya Prof berbagi dalam materi yang luar biasa, membuat saya harus semangat dan berkarya.


Sahabat, sekian ya tulisanku, semoga menginspirasi kita semua Guru di seluruh Indonesia. Oh iya sahabat, penjelasan lengkap bisa dilihat YouTube Channel Rumah Belajar Kemdikbud ya...



Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.
#merdekabelajar#nadiemmakarim
#pembaTIK2020#merdekabelajar
#tributetohendriwidiatmoko#guruberbagi
#gurupenggerak


Komentar

Posting Komentar