Alat Peraga Snake And Ladder Berbahasa Inggris Pada Materi This, That, These dan Those

 

Alat Peraga Snake And Ladder Berbahasa Inggris

Pada Materi This, That, These dan Those

 

Dalam berkreativitas pada mata pelajaran Bahasa Inggris, siswa lebih antusias didalam melakukan tugas bila ada suatu permainan. Permainan tersebut haruslah dibuat dengan sedemikian rupa untuk menunjang keaktifan dan inovatif siswa dalam menyalurkan minat dan bakat. Pada kelas 7F, siswa-siswi beserta guru pembimbing membuat suatu media yang inovatif yang dapat membuat atau menggali suatu kreativitas siswa. Adapun kreativitas yang dibuat adalah penggunaan permainan seperti “ S  and  L “ game. Dimana S = snake, and L= ladder, yang berarti ular tangga. Permainan ular tangga ini disisipi materi bahasa Inggris pada kelas 7 yaitu materi “This,that,these,those”.

Bermain ular tangga adalah permainan dari jaman klasik yang hingga sekarang masih diminati oleh anak-anak dan orang dewasa, karena dari permainan itu dapat merangsang kognitif. Permainan ular tangga ini juga membantu anak bersosialiasi dengan temannya sebab permainan ini dimainkan oleh dua anak atau lebih - berkelompok. Dari penjelasan pendekatan, metode, langkah-langkah dan teknik untuk bermain ular tangga memang dapat membentuk sosial-emosional pada anak-anak dan dalam pembelajaran atau permainan ternyata bisa melakukan banyak pendekatan.

Langkah-langkah dan metode dalam permainan ular tangga :

1.  Siswa mempersiapkan papan permainan ular tangga beserta dadunya.

2. Siswa menempelkan kertas yang berisi pertanyaan pada setiap kotak papan permainan ular tangga.

3. Pertanyaan tersebut berupa materi yang sesuai dengan indikator pembelajaran atau RPP.

4. Siswa membagi siswa untuk berpasangan menjadi kelompok, tiap kelompok ada 2  atau lebih siswa

5. Setelah terbentuk kelompok guru memberikan petunjuk kepada siswa tentang  tata cara bermainnya.


            Adapun langkah-langkah “ S  And  L “ game dapat dilihat pada gambar 1,2,3dan 4 dibawah ini:







Sahabat, pada media ini aku mendapat juara 3 lomba Inovasi Pembelajaran yang diadakan di LPMP Bengkulu, pada saat acara Hari Pendidikan Nasional. Senangnya aku sahabat saat aku naik diatas panggung saat namaku terpanggil menjadi juara salah satu lomba inovasi pembelajaran se-propinsi Bengkulu.


Sekian sahabat cerita dari aku ya. Salam berbagi.

#guruberbagi

#inovasipembelajaran

#gurupenggerak







Komentar