Belajar Asyik Bersama Rumbela Dengan Sekolah Rujukan_ Sosialisasi ke-20

 Hari ini tanggal 15 Oktober 2020, aku berangkat ke sekolah rujukan yaitu SMPN 13 Bernuansa Agama. Aku diundang oleh Kepala Sekolah Bp. Tarmizi, M.Pd melalui surat undangan via Wa. Agendanya untuk mensosialisasikan Portal Rumah Belajar. Hatiku sangat gembira saat menerima Wa dari Kepala Sekolah tersebut. Karena aku bisa berbagi mengenai kemampuan yang aku punya kepada teman-teman guru di SMPN 13 Bernuansa Agama. Semula, SMPN ini bernama SMPN 13, namun pada bulan juli 2020, SMPN 13 ini berubah menjadi salah satu SMP Negeri yang seperti SMP IT, tetapi SMP ini adalah SMP Negeri yang bernuansa agama. SMPN 13 ini juga merupakan sekolah rujukan. Sebelum menjadi sekolah rujukan, SMPN 13 ini juga sama-sama sekolah model seperti sekolah aku.

Rangkaian agenda yang dibuka oleh Kepala Sekolah SMPN 13 yaitu Bp. Tarmizi, M.Pd, mengatakan bahwa teknologi merupakan salah satu media untuk proses pembelajaran terhadap siswa kita baik pada masa pandemi ini. Banyak hal yang dilakukan oleh guru dalam berkarya dan berkretivitas dalam memberikan materi. Salah satunya yang akan disampaikan oleh Ibu Afriyani Susanti,M.Pd yang merupakan Sahabat Rumah Belajar (SRB). Beliau juga mengatakan silahkan bertanya dengan Ibu Afriyani Susanti saat materi yang akan disampaikan jika tidak mengerti.

Materi yang aku sampaikan pada pagi hari sampai dengan menjelang siang yaitu, dari pukul 08.30 - 11.30 Wib. Materinya adalah Pengenalan dan cara mendaftar di Portal Rumah Belajar baik fitur utama maupun fitur pendukung. Lalu mengajak semua guru untuk mendaftar di simpaTIK sehingga bisa mendapatkan pelatihan yang ada di laman simpaTIK dengan mengikuti berbagai pelatihan secara online dan gratis. Selain mendapatkan ilmu juga mendapatkan sertifikat secara nasional. Saat setelah semua guru sdh mendaftar cara masuk Portal Rumah Belajar melalui Website belajar.kemdikbud.go.id bisa melalui laptop, pc ataupun melalui smart phone dengan membuka playstore dan mendownload aplikasi Rumah Belajar. Selanjutnya aku juga berbagi bagaimana membuat power point yang cantik dan menarik. Lalu dilanjutkan juga cara membuat video pembelajaran yang menarik menggunakan Kine Master dan Camtasia.

 



Antusias peserta dalam menerima materi, membuatku merasa senang sekali. Aku berkeliling sambil melihat peserta yang sudah bisa mendaftar di Portal Rumah Belajar dan membuat video melalui kine master. Peserta yang sudah bisa, aku berikan stiker.



Aku bertanya kepada semua peserta, apa yang mereka rasakan saat sebelum dan sesudah mengenal Portal Rumah Belajar. Saat mereka praktek untuk daftar dan melihat fitur-fitur utama maupun pendukung yang ada di Portal Rumah Belajar. Dengan antusias mereka menjawab dan mereka benar-benar merasakan bahwa dengan Portal Rumah Belajar banyak yang dapat dimanfaatkan baik sebagai guru maupun sebagai siswa. Ucapan perkataan guru tersebut, aku rekam sebagi testimoni dibawah ini:


Untuk video lengkap saat aku mensosialisasikan Belajar Asyik bersama Rumbela, bisa disaksikan pada channel YouTube aku ya sahabat dibawah ini :

Terima kasih sahabat, sudah mampir ke laman blog aku. 

#merdekabelajar

#rumahbelajar

#guruberbagi

#pembatiklevel4






Komentar

Posting Komentar