Berinovasi Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Asyiknya Belajar Bersama Rumah Belajar

Kemajuan teknologi yang kita rasakan saat ini dapat memberikan dampak yang besar terhadap suatu masyarakat baik kalangan peserta didik, orang tua, masyarakat dan pendidik. Seiring berjalannya teknologi membuat kita terutama pendidik untuk terus melaju dan melihat perkembangan teknologi yang semakin marak pesatnya. Bagaimana solusinya?



Solusinya adalah mari bersama-sama berkreativitas, berkarya dan berinovasi dalam pembelajaran dengan mengkolaborasikan kemajuan teknologi dalam suatu materi bahan ajar, dimana ini bertujuan untuk menciptakan suatu bahan ajar yang menarik dan kreatif bagi peserta didik kita. 

Berbicara mengenai inovasi pembelajaran adalah suatu inovasi atau gebrakan yang dibuat oleh pendidik baik berupa media, video dan bahan ajar yang mengintegrasikan pada teknologi. Inovasi tersebut dirancang untuk memudahkan proses pembelajaran baik secara daring maupun luring.

Mengapa Portal Rumah Belajar?

Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang sangat mendukung interaksi antara komunitas, Rumah Belajar ini dapat diakses secara gampang mudah di komputer, laptop ataupun di smart phone. Pastinya dalam mengakses Rumah Belajar ini dapat diakses secara gratis melalui website belajar.kemdikbud.go.id atau dapat didownload di smart phone melalui playstore kemudian klik Rumah Belajar. Dengan membuka Portal Rumah Belajar banyak sekali yang dimanfaatkan baik pada fitur utama maupun fitur pendukung.

Berinovasi pembelajaran daring dan luring dengan asyiknya belajar bersama Rumah Belajar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkreatifitas. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

Portal Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru. Rumah Belajar ini dapat dirasakan oleh semua jenjang mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Kita dapat merasakan manfaat yang didapat di Portal Rumah Belajar sebelum dan sesudah mengenal Rumah Belajar.






Portal Rumah Belajar ini bisa diakses secara daring maupun luring dalam proses pembelajarannya sehingga bisa digunakan bagi seluruh pendidik dan peserta didik. Agar Rumah Belajar dapat digunakan secara luring, langkah yang dilakukan adalah, guru mengunduh materi terlebih dahulu melalui gawai yang tersambung dengan koneksi internet, kemudian hasil unduhan itu disimpan di folder tempat penyimpanan data,lalu saat mulai pembelajaran, materi yang kita unduh tadi dapat ditayangkan kepada siswa kita dengan mengunakan proyektor LCD. Dengan demikian proses  dapat dirasakan oleh siswa kita secara luring.

Baca juga laman blog ini  ya
 https://afriyanisusantiblueblogspot.com/2020/09/kenalan-yuk-dengan-rumah-belajar.html

Dalam proses pembelajaran yang memanfaatkan Portal Rumah Belajar dapat dikombinasikan dengan menggunakan model-model pembelajaran yang kita ketahui. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, model pembelajaran yang digunakan adalah Flipped Classroom. Dimana sebelum memulai pembelajaran, siswa terlebih dahulu dirumah melihat dan mengamati sebuah video pembelajaran yang diberikan oleh guru, kemudian siswa mencatat hal-hal yang tidak dimengerti. Saat pembelajaran dimulai oleh guru, yang dilakukan oleh guru adalah mengulas materi dan menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh siswa sambil guru memberikan contoh secara langsung dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Pada model pembelajaran Flipped Classroom ini dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif dan berani dalam mengungkapkan ide, sehingga pola pengajaran yang berpusat pada student center akan terrealisasi. Siswa aktif dan rasa ingin tahu terhadap materi yang akan diajarkan lebih tercapai. 

Baca juga laman blog ini ya
https://afriyanisusantiblue.blogspot.com/2020/10/model-pembelajaran-flipped-classroom.html


Asyiknya belajar bersama Rumah Belajar dapat meningkatkan kreativitas guru maupun siswa dalam proses pembelajaran abad 21 yang mengkolaborasikan teknologi yang kita rasakan saat ini. Menghadirkan Rumah Belajar dalam kegiatan proses pembelajaran juga merupakan inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru baik secara daring maupun luring.Guru bertindak sebagai fasilitator dalam memajukan pendidikan siswa. Adanya Rumah Belajar, dapat mengambil suatu langkah bahwa belajar dapat dirasakan oleh siswa, dan belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

#PGRI, #KOGTIK, #EPSON, dan #KSGN

 



Komentar

  1. Pengalaman belajar dari sumber belajar yang tepat,

    Bisa juga memaksimalkan weblog untu siswa Bu coba bisa diberi masukkan



    http://www.ayomendidik.com/2020/10/etematik-sebagai-alternatif-inovasi.html?m=1

    BalasHapus

Posting Komentar