Bersinergi dan Berkarya Dalam Tulisan Memanfaatkan Rumah Belajar_Sosialisasi ke-19

 


Setiap orang mampu menguraikan ide atau gagasan yang dimilikinya.  Ide tersebut dapat dituangkan dalam tulisan sehingga siapapun bisa melihat tulisan kita, Ada kebanggaan tersendiri jika tulisan kita diberikan komentar oleh orang lain. Dalam webinar series aku yang diadakan pada hari ini, Rabu tanggal 14 Oktober 2020 dengan topik "Menulis Indah Bersama Rumah Belajar".

Webinar series ini dibuka oleh Kepala Dinas Propinsi Bengkulu, yaitu Bp.Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd. Dalam pembukaannya beliau mengatakan bahwa seorang guru harus mampu berkarya, karya tersebut bisa dituangkan dalam tulisan. Jangan pernah takut untuk memulai suatu kebaikan.

Topik ini sangat menarik sahabat, karena alhamdulillah aku bisa berkolaborasi dengan nara sumber yang hebat yaitu Dosen aku saat S1 dan S2 Jurusan Bahasa Inggris Yaitu Prof, Safnil Arsyad, Ph.D dengan topik " Cara Praktis Menulis Artikel Jurnal Internasional". Betapa senangnya aku saat Prof mengiyakan untuk bergabung di webinar aku.

Lalu, aku juga berkolaborasi dengan Bunda Sa'adah Ridwan, M.Pd dari Pusdatin Kemdikbud, yang memberikan materi berupa motivasi kita sebagai guru untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh guru, dalam berkarya dan menggunakan model-model pembelajaran dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar.

Menulis itu indah, dengan menulis membuatmu berprestasi, materi ini disampaikan oleh Bp. Wijaya Kusuma, M.Pd. Beliau merupakan sekjen Ikatan Guru TIK Jakarta. Beliau mengajar di Lab School Jakarta. 

Kemudian dilanjutkan oleh aku, sahabat, aku mengambil topik "Yuk, menulis Blog"dengan mengkaitkan portal rumah belajar dan pemanfaatannya yang kemudian dituangkan ke tulisan kita di blog. Dari segi pendidikan tentang pemanfaatannya dalam mengunakan Rumah Belajar.

Pemanfaatan Rumah Belajar dapat dikombinasikan dengan model-model pembelajaran yang telah dikembangkan oleh guru. Dalam proses pembelajaran, seorang guru harus berinovasi dan berkarya dalam membuat pembelajaran yang akan diberikan siswa. Dengan memanfaatkan rumah belajar, baik guru maupun siswa dapat lebih bervariasi dalam sumber belajar yang dipaparkan oleh Nara Sumber Ibu Yulia Isratul Aini, M.TPd, dari PTP LPMP Bengkulu.









Webinar series ini dipandu oleh Bp. Riky Octavianus Depari, M.Pd sebagai host dan Ibu Yenti Priani, M.Pd sebagai moderator. Perpaduan host dan moderator yang kompak dan keren sehingga bisa menjalankan webinar series ini dengan baik.



Untuk video lengkap jalanya webinar series ini dapat disaksikan pada channel youtube aku sahabat, dibawah ini:


#merdekabelajar

#rumahbelajar

#pembaTIK2020

#guruberbagi

#gurupenggerak



Komentar