Kiat Membuat Konten Pada Video Pembelajaran_Sosialisasi ke-12

 Guru merupakan ujung tombak dalam mensukseskan siswa. Benar sekali jika ada yang bilang Guruku adalah pahlawan. Mengapa? Karena guru mampu mengajarkan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mengerti apa-apa menjadi mengerti setelah diajarkan oleh guru. Proses pembelajaran yang diberikan oleh guru dapat membuahkan hasil jika melihat siswanya mengerti terhadap materi yang diberikan oleh guru.

Berbicara mengenai materi sahabat, dalam rumah belajar, banyak sekali sumber materi yang dihadirkan pada rumah belajar. Bagaimana seorang guru mulai mengkreasikan sumber belajar yang ada dengan konten pembelajaran dari kita sendiri. Karen akan lebih bermakna jika konten pembelajaran kita buat sendiri dan kita apload untuk siswa kita.

Pada kesempatan ini sahabat, saya mensosialisasikannya pada sekolah yang sama-sama sekolah model dibawah binaan LPMP. Saya mensosialisasikannya di SMPN 7 Kota Bengkulu, pada hari selasa 7 oktober 2020, setelah saya mensosialisasikan sebelumnya di sekolah imbas yaitu di SMPN 19 Kota Bengkulu.



Kali ini sahabat aku berbagi bagaimana kiat kita sebagai guru dalam membuat konten video pembelajaran dalam masa pandemi covid 19 ini. Aku memperlihatkan video pembelajaran aku kepada peserta. Ini dimaksudkan agar memancing siswa untuk bertanya padaku seputar video pembelajaran. Satu persatu peserta mulai bertanya sahabat, aku berikan stiker dari rumah belajar. Senangnya lihat mereka sahabat.


Aku juga mengatakan bahwa dalam membuat konten video pembelajaran, banyak sekali platform yang tersedia, bisa menggunakan kinemaster, camtasia, inshoot, filmora, power point dll. tapi aku berkata pada peserta, buatlah suatu video pembelajaran yang benar-benar peserta kuasai baik dlaam hal mengambil shooting video ataupun saat mengeditnya. Siapkan materi dan lihat materi sumber belajar yang ada di rumah belajar. Semakin banyak melihat konten-konten yang dimiliki oleh sahabat se-Indonesia, maka semakin kaya kita terhadap ilmu yang didapat dan bisa menginspirasi kita dalam membuat video pembelajaran.


Testimoni


Untuk lebih lengkap mengenai sosialisasiku ini, sahabat bisa melihat channel YouTube aku dibawah ini ya.

Terima kasih sahabat sudah mampir ke laman blogku ini ya.

#merdekabelajar

#rumahbelajar

#guruberbagi

#gurupenggerak

#pembaTIKlevel4






Komentar