Media Tabot Bengkulu Pada Materi Procedure Text

 

Sahabat, tahukah anda Tabot?

    Tabot adalah suatu perayaan yang dilakukan setiap 1 tahun sekali. i Tabot juga merupakan icon daerah

Bengkulu. Lalu muncul ide aku untuk mengkolabirasikan Tabot Bengkulu pada materi Procedure Text.

Sahabat dibawah ini rancangannya ya...Oh iya sahabat, inovasi ini jga mengantarkan ku ke Propinsi Jogyakarta Pada tahun 2018 dalam ajang Inovasi Pembelajaran.

           Rancangan Karya Inovasi pembelajaran Media Tabot Bengkulu Melalui Aplikasi WA Pada               Materi  Procedure Text

Konsep ataupun ide kreatif dari penulis ini timbul karena adanya permasalahan yang ada di dalam kelas, dimana dijumpai siswa belum berani dan belum mampu untuk berbicara Bahasa Inggris baik dengan gurunya ataupun dengan teman sebangkunya, maka salah satu caranya adalah dengan mengembangkan media tabot Bengkulu sebagai cara praktis siswa dalam berbicara Bahasa Inggris.

          Media tabot Bengkulu pada materi procedure text dibuat sebagai solusi untuk memecahkan permasalahan yang timbul di dalam kelas. Alat peraga ini melatih siswa untuk berani tampil dan memotivasi siswa dalam Berbicara Bahasa Inggris. Media tersebut juga mudah didapat dikarenakan menggunakan kardus bekas dan disusun sedemikian rupa menggunakan kertas manggis yang berwarna-warni sehingga tampilannya menarik. Selanjutnya media itu dibuat berdasarkan urutan sehingga adanya suatu proses bagaimana membuat media tabot Bengkulu, kemudian siswa mempresentasikannya dengan menggunakan Bahasa Inggris dengan baik.

Proses penemuan Tabot Bengkulu sebagai cara praktis siswa dalam berbicara Bahasa Inggris pada materi procedure text, ini bermula dari peristiwa-peristiwa penulis yang ditemukan selama proses belajar mengajar di dalam kelas, dan ingin merubah pola pikiran siswa ataupun masyarakat umum yang mengatakan bahwa belajar Bahasa Inggris itu membosankan dan sangat sulit untuk dapat berbicara jikalau kurangnya perbendaharaan kosakata.

Melalui rangkaian peristiwa yang dialami oleh penulis, maka timbullah suatu penemuan praktis yang dapat digunakan penulis di dalam melatih siswa untuk berbicara Bahasa Inggris dengan memadukan kearifan lokal budaya Provinsi Bengkulu yaitu Tabot Bengkulu yang mempunyai daya tarik tersendiri dan khas di daerah provinsi Bengkulu.

          Tabot Bengkulu ini dirancang dengan bahan yang mudah didapat dan menggunakan kardus bekas. Adapun alat-alat atau bahan-bahan yang digunkan dalam membuat tabot Bengkulu dapat dilihat pada tabel 1 dibawah ini;

                                                                 Tabel 1

                                                            Alat, Bahan, Harga

No

Nama alat/ Bahan

Satuan

Harga

1.

Kardus Bekas

1 lbr

Barang bekas

2.

Kertas Manggis

2 lbr

Rp. 4000

3.

Lem fox

1 bh

Rp .5000

4.

Penggaris

1 bh

-

5.

Pensil

1 bh

-

6.

Pulpen

1 bh

-

7.

Gunting

1 bh

-

8.

Spidol

1 bh

-

9.

Penghapus

1 bh

-

10.

Kain Perca

2 bh

Bekas kain

11.

Pisau cutter

1 bh

-

12.

Bunga Plastik

1 bh

Sisa Bunga

Total

Rp. 9.000

 

Proses Pembuatan

            Adapun langkah-langkah dalam pembuatan Tabot Bengkulu adalah :

1.    Menyiapkan kardus bekas, kertas manggis, penggaris, pensil, pulpen, lem,  gunting, spidol,   penghapus dan bunga plastik  

2.    Guntinglah kardus bekas dengan ukuran 25  X  25   , menggunakan pisau  cutter dan gunting 

3.    Bentuklah pola Tabot Bengkulu

4. Kemudian pola tersebut diberi symbol abjad dari Abjad A – G yang nantinya untuk siswa                      mempresentasikan bagaimana cara membuat Tabot Bengkulu berdasarkan urut-urutan sesuai                   materi procedure text

5. Tabot Bengkulu diberi hiasan kertas manggis ataupun bekas  kain perca

       6. Tabot Bengkulu siap digunakan



Sekian terima kasih sahabat.
#guruberbagi
#gurupenggerak
#inobel


Komentar