Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan langkah-langkah yang dimiliki oleh guru dalam proses pembelajaran terhadap siswa. RPP disusun secara sistematis sesuai dengan mata pelajaran yang diampuh agar dapat dipergunakan sebaik mungkin dalam mengajar.
Pada masa pendemi covid 19 ini, RPP yang digunakan adalah RPP secara daring yang mencantumkan materi berupa video pembelajaran yang kreatif untuk siswa belajar di rumah. Video pembelajaran dibuat berdasarkan materi yang ada di silabus dan mengkombinasikannya dengan sumber belajar yang ada di Rumah Belajar.
Pada Pembelajaran Bahasa Inggris yang mengkolaborasikan 4 skill yaitu; Listening, Speaking, Reading and Writing. Di Setiap RPP mencantumkan 4 skill tersebut. Maka perlu adanya ide yang kreatif disaat kita membuat RPP yang mengintegrasikan pada teknology berupa video pembelajaran. Ini dimaksudkan agar RPP yang kita buat dapat menarik siswa kita dalam proses pembelajaran.
Berikut link RPP Daring Berbasis TV Edukasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 7
1. Materi Greeting and Leave-Taking
KD 3.1. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan menyapa, berpamitan, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
KD 4.1. Menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, dan menanggapinya dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
Link RPP : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/greeting-and-leave-taking-4/
2. Materi Thanking and Apologising
KD 3.1. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan mengucapkan terimakasih, dan
meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
KD 4.1. Menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan
menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Link YouTube Afriyani Susanti : https://youtu.be/oYRkp6vnM54
Link RPP: https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/thanking-and-apologising/
3. Materi : Introducing Each Other
3.2: Mengidentifikasi fungsi sosial struktur teks dan unsur
kebahasaan teks interaksi, transacsional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri pendek dan sederhana
sesuai dengan konteks penggunaanya (perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata
terkait hubungan keluarga:pronoun (subjektif, objektif dan posesive).
4.2: Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Link YouTube : Afriyani Susanti
Link RPP : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/introducing-each-other/
4. Materi : Days In My Life
KD-KI-3: 3.3 Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka
kardinal dan ordinal)
KD-KI-4: 4.3 Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi
terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
Link YouTube: https://youtu.be/2DaED-E8Nno
Link RPP : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/days-in-my-life/
5. Materi : Telling The Time
KD-KI-3: 3.3 Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait “Telling
The Time” (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)
KD-KI-4: 4.3 Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi
terkait “Telling The Time” dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Link YouTube : https://youtu.be/6ies_7wFwk4
Link RPP : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/telling-the-time/
Baca juga laman blog mengenai RPP 1 lembar luring : https://afriyanisusantiblue.blogspot.com/2020/10/guru-berbagirpp.html
Komentar
Posting Komentar