RPP Daring Berbasis TV Edukasi Untuk Kelas 7

 testing

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan langkah-langkah yang dimiliki oleh guru dalam proses pembelajaran terhadap siswa. RPP disusun secara sistematis sesuai dengan mata pelajaran yang diampuh agar dapat dipergunakan sebaik mungkin dalam mengajar.

Pada masa pendemi covid 19 ini, RPP yang digunakan adalah RPP secara daring yang mencantumkan materi berupa video pembelajaran yang kreatif untuk siswa belajar di rumah. Video pembelajaran dibuat berdasarkan materi yang ada di silabus dan mengkombinasikannya dengan sumber belajar yang ada di Rumah Belajar.


Pada Pembelajaran Bahasa Inggris yang mengkolaborasikan 4 skill yaitu; Listening, Speaking, Reading and Writing. Di Setiap RPP mencantumkan 4 skill tersebut. Maka perlu adanya ide yang kreatif disaat kita membuat RPP yang mengintegrasikan pada teknology berupa video pembelajaran. Ini dimaksudkan agar RPP yang kita buat dapat menarik siswa kita dalam proses pembelajaran.

Berikut link RPP Daring Berbasis TV Edukasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 7

1.  Materi Greeting and Leave-Taking

KD 3.1. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  menyapa, berpamitan, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

KD 4.1. Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 Link YouTube Afriyani Susanti : https://youtu.be/72B8GXVtNDE

Link RPP : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/greeting-and-leave-taking-4/

2. Materi Thanking and Apologising

KD 3.1. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

KD 4.1. Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 Link YouTube Afriyani Susanti : https://youtu.be/oYRkp6vnM54

Link RPP: https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/thanking-and-apologising/

3. Materi : Introducing Each Other

3.2: Mengidentifikasi fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi, transacsional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri pendek dan sederhana sesuai dengan konteks penggunaanya (perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga:pronoun (subjektif, objektif dan posesive).

4.2: Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Link YouTube : Afriyani Susanti

Link RPP : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/introducing-each-other/

4. Materi : Days In My Life

KD-KI-3: 3.3 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)

KD-KI-4: 4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Link YouTube: https://youtu.be/2DaED-E8Nno

Link RPP : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/days-in-my-life/

5. Materi : Telling The Time

KD-KI-3: 3.3 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait “Telling The Time” (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)

KD-KI-4: 4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait “Telling The Time” dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Link YouTube : https://youtu.be/6ies_7wFwk4

Link RPP : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/telling-the-time/


Baca juga laman blog mengenai RPP 1 lembar luring https://afriyanisusantiblue.blogspot.com/2020/10/guru-berbagirpp.html

Komentar