Webinar Series_Inovasi Media Pembelajaran Berbasis TIK_Kolaborasi Lintas Sumatera dan Jawa_sosialisasi ke-13

 Hari ini tanggal 8 oktober 2020, merupakan hari yang ditunggu oleh aku sahabat, karena aku akan mengadakan Webinar Series mengenai sosialisasi Portal Rumah Belajar. Dengan tema Inovasi Media Pembelajaran Berbasis TIK. Webinar series ini mengkolaborasikan lintas Sumatera dan Jawa. Aku mengundang sahabat aku yang sama-sama dalam perlombaan Inovasi Pembelajaran. Dia juga pemenang Inobel IPSB tahun 2018, pemenang membaTIK 2019 dan penerima satyalancana pendidikan tahun 2019. Beliau berasal dari Jawa Tengah.

Aku cerita dulu ya sahabat, mengenai webinar series ini. Oh iya aku lupa mengatakan bahwa nara sumber yang hebat itu bernama Ibu Fajriyatun, S.Pd dari SMPN 1 Purwanegara. disamping itu juga aku mengundang teman SRB dari Kepulauan Riau Batam yang bernama Ibu Anggita Aprilia, S.Pd.I. Beliau mengajar guru TK pada Islamic Boarding School, dan nara sumber berikutnya adalah aku sahabat, Afriyani Susanti, M.Pd dari SMPN 15 Kota Bengkulu. Moderator pada webinar series adalah Lindawati, S.E dari SMPN 22 Kota Bengkulu dan Hostnya aku mengundang dari masyarakat umum yang bergerak sebagai Monitoring Specialis Program Kota Kumuh Provinsi Bengkulu, yaitu Bp. Wigih Anggono Putro, S.Hut. Dan nantinya sahabat webinar series ini akan dibuka oleh Ibu Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Yaitu Ibu Dra. Rosmayetti,MM. Karena Ibu Rosmayetti saat aku webinar itu, beliau tidak bisa mengikuti dikarenakan ada acara di Hotel Mercuri, Ibu Rosmayetti memberitahukan kepada saya bahwa nanti yang akan membukanya adalah Bapak Kabid GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) yaitu Bp. Zainal Azmi, M.TPd.


 Sahabat, tepat pukul 09.00 Wib, webinar series dibuka dan dipandu oleh Host, Bp. Wigih, aku mengundang beliau, karena beliau adalah monitoring Kotaku, ini dimaksudkan sosialisasi portal rumah belajar bukan hanya dapat diakses oleh kalangan guru, siswa tapi juga masyarakat umum yang berlaku sebagai orang tua siswa untuk melihat perkembangan pembelajaran dari anak-anak mereka. Adapun topik yang diambil saat webinar itu adalah "Inovasi Media Pembelajaran Berbasis TIK" dengan materi setiap nara sumber yang menarik. Webinar series ini alhamdulillah diikuti oleh 80 Peserta dari tingkat jengjang yang berbeda dan meliputi lintas kota, lintas kabupaten, lintas sumatera dan lintas Provinsi. Juga ada peserta dari daerah Papua. Hatiku sangat gembira sahabat. Lalu host memberikan tugas berikutnya pada moderator untuk menjalani tugasnya sebagai pemandu jalannya acara webinar series.
Materi pertama diberikan kepadaku Afriyani Susanti, M.Pd dengan topik "Integrasi Sumber Belajar Pada Media Berbasis TIK", lalu dilanjutkan oleh Ibu Fajriyatun, S.Pd sebagai nara sumber kedua dengan materi" Tips Sukses Membuat Bahan Ajar Berbasis TIK"Video Pembelajaran". Dilanjutkan berikutnya oleh Ibu Anggita Apriliyani, S.Pd.I dengan materi " Pemanfaatan Edugames Untuk Pembelajaran Paud".





Dalam webinar series ini, alhamdulilah, banyak sekali yang memberikan pertanyaan baik di kolom chat maupun melambaikan tangan. Saya bersama nara sumber merasa semangat sekali menjawab pertanyaan dari peserta. Saat ada jeda ke pertanyaan berikutnya, moderator meminta Ibu Fajriyatun untuk melayangkan sebuah video pembelajaran saat Ibu Fajriyatun, S.Pd memenangkan lomba membaTIK pada tahun 2019.

Tidak terasa, webinar series menunjukkan pukul 12.00, dan semua pertanyaan sudah dijawab oleh nara sumber, dan akhirnya moderator mengambil kesimpulan dan menyerahkan kembali kepada Host untuk menutup webinar series. 

Oh, iya sahabat, webinar series ini juga memberikan E-Sertifikat kepada peserta. Untuk informasi lengkap silahkan lihat video webinar series di channel youtube aku ya sahabat, dibawah ini :



Terima Kasih sahabat, sudah mampir kembali di laman blog aku ya.
#merdekabelajar
#rumahbelajar
#guruberbagi
#gurupenggerak
#pembaTIKlevel4

Komentar